Tujuh buku dari Abhidhamma Pitaka, divisi ketiga dari Tipitaka, menawarkan analisis rinci yang luar biasa dari prinsip-prinsip dasar alam yang mengatur proses-proses mental dan fisik. Sedangkan Sutta dan Vinaya Dhamma lay out aspek-aspek praktis dari jalan Buddha untuk Kebangkitan, Abhidhamma Pitaka memberikan kerangka teoritis untuk menjelaskan dasar-dasar penyebab yang sangat jalan. Dalam filsafat Abhidhamma alam semesta psiko-fisik akrab (dunia kita "pohon" dan "bebatuan," "Aku" dan "Anda") adalah disuling untuk esensi: sebuah jaringan yang rumit dari fenomena impersonal dan proses berlangsung pada kecepatan tak terbayangkan cepat dari waktu ke waktu, sesuai dengan hukum alam didefinisikan secara tegas.
Menurut tradisi, esensi dari Abhidhamma dirumuskan oleh Sang Buddha pada minggu keempat setelah Pencerahan-Nya. [1] Tujuh tahun kemudian ia dikatakan telah menghabiskan waktu tiga bulan berturut-turut memberitakan secara keseluruhan di salah satu alam Deva, sebelum pemirsa ribuan dewa (termasuk ibu akhir, mantan Ratu Maya), setiap hari sebentar Komuter kembali ke alam manusia untuk menyampaikan kepada Ven. Sariputta inti dari apa yang baru saja diajarkan. [2] Sariputta menguasai Abhidhamma dan dikodifikasi ke dalam bentuk yang sekarang secara kasar. Meskipun bagian dari Abhidhamma itu dibacakan di Konsili Buddha sebelumnya, ia tidak sampai Konsili Ketiga (ca. 250 SM) yang menjadi tetap dalam bentuk yang sekarang sebagai Pitaka ketiga dan terakhir dari kanon. [3]
Meskipun relatif terlambat masuk ke Canon, Abhidhamma berdiri sebagai pilar penting dari Buddha Theravada klasik pikir. maknanya, bagaimanapun, sangat bervariasi di setiap batas-batas daerah dan budaya. Dalam Thailand Buddhisme, misalnya, Abhidhamma (dan, dalam hal itu, banyak Tafsiran juga) memainkan peran yang relatif kecil di doktrin dan ajaran Sang Buddha. Di Sri Lanka dan Myanmar (Birma), namun, mereka memiliki status yang dihormati sama dengan Vinaya dan Sutta Dhamma sendiri. Pendekatan Burma modern dengan ajaran dan praktek meditasi Satipatthana, khususnya, sangat bergantung pada interpretasi Abhidhammic pengalaman meditasi. Terlepas dari posisi Abhidhamma di rak teks-teks kanonik Buddha, detail yang menakjubkan dengan yang metodis membangun model kuasi-ilmiah pikiran (cukup, sejauh ini, untuk membuat teori sistem modern atau ilmuwan kognitif terkesiap kagum), menjamin its tempat dalam sejarah sebagai prestasi monumental jenius intelektual.
Tujuh buku
Abhidhamma Pitaka dibagi menjadi tujuh buku, meskipun pertama (Dhammasangani) dan terakhir (Patthana) yang bersama-sama lay out esensi filsafat Abhidhamma. Tujuh buku adalah:
Dhammasangani I. ("Pencacahan Fenomena").
Buku ini menyebutkan semua paramattha Dhamma (realitas tertinggi) dapat ditemukan di dunia. Menurut salah satu pencacahan seperti jumlah ini ke:
* 52 cetasikas (faktor mental), yang timbul bersama dalam berbagai kombinasi, menimbulkan salah satu dari ...
* ... 89 cittas mungkin berbeda (keadaan kesadaran)
* 4 fisik unsur utama, dan 23 fenomena fisik berasal dari mereka
* Nibbana
Terjemahan Bahasa Inggris:
* Buddha Psikologis Etika, diterjemahkan dari Pali oleh CAF Rhys Davids (Oxford: Pali Text Society, 1900).
II. Vibhanga ("Buku risalah").
Buku ini melanjutkan analisis Dhammasangani, di sini dalam bentuk sebuah katekismus.
Terjemahan Bahasa Inggris:
* Kitab Analisis, diterjemahkan dari Pali oleh Ven. U Thittila (Oxford: Pali Text Society, 1969).
III. Dhatukatha ("Diskusi dengan Referensi ke Elemen").
Sebuah pengulangan dari yang terdahulu, dalam bentuk pertanyaan dan jawaban.
Terjemahan Bahasa Inggris:
* Wacana pada Unsur, diterjemahkan dari Pali oleh Ven. U Narada (Oxford: Pali Text Society, 1962).
IV. Puggalapaññatti ("Keterangan Individu").
Agak keluar dari tempat di Abhidhamma Pitaka, buku ini berisi deskripsi dari sejumlah kepribadian-jenis.
Terjemahan Bahasa Inggris:
* Suatu Penunjukan Jenis Manusia, diterjemahkan dari Pali oleh BC Hukum (Oxford: Pali Text Society, 1922).
V. Kathavatthu ("Points of Kontroversi").
Lain inklusi aneh dalam Abhidhamma, buku ini berisi pertanyaan dan jawaban yang disusun oleh Moggaliputta Tissa pada abad ke-3 SM, untuk membantu menjelaskan poin kontroversi yang ada antara "berbagai" sekolah Hinayana Buddhisme pada waktu itu.
Terjemahan Bahasa Inggris:
* Points of Kontroversi, diterjemahkan dari Pali oleh SZ Aung dan C.A.F. Rhys Davids (Oxford: Pali Text Society, 1915).
VI. Yamaka ("Buku Berpasangan").
Buku ini adalah analisis logis dari banyak konsep yang disajikan dalam buku sebelumnya. Dalam kata-kata Mrs Rhys Davids, seorang ulama terkemuka abad Pali 20, bab-bab sepuluh dari jumlah Yamaka untuk sedikit lebih dari "sepuluh lembah tulang kering."
Terjemahan Bahasa Inggris:
Tidak ada.
VII. Patthana ("Buku Hubungan").
Buku ini, sejauh ini volume tunggal terpanjang di Tipitaka (lebih dari 6.000 halaman dalam edisi Siam), menggambarkan 24 paccayas, atau hukum persyaratan, melalui mana dhammas berinteraksi. Hukum-hukum ini, bila diterapkan di setiap kemungkinan permutasi dengan dhammas dijelaskan dalam Dhammasangani, menimbulkan semua pengalaman dapat diketahui.
Terjemahan Bahasa Inggris:
* Bersyarat Hubungan (I jilid), diterjemahkan dari Pali oleh Ven. U Narada (Oxford: Pali Text Society, 1969). Bagian I dari bagian Tika-patthana dari Patthana.
* Conditional Relations (jilid II), diterjemahkan dari Pali oleh Ven. U Narada (Oxford: Pali Text Society, 1981). Bagian II dari bagian Tika-patthana dari Patthana.
* A Guide to Hubungan Bersyarat, diterjemahkan dari Pali oleh Ven. U Narada (Oxford: Pali Text Society, 1978). Pengenalan dan panduan untuk 12 halaman pertama () dari Patthana!.
Tambahan membaca
Abhidhamma Pitaka memiliki reputasi yang memang layak untuk menjadi padat dan sulit membaca. Cara terbaik untuk mulai belajar Abhidhamma tidak menyelam langsung ke dua buku kunci (Dhammasangani dan Patthana), tapi untuk menjelajahi beberapa lebih modern - dan dibaca - commentarial teks. Ini akan membantu Anda mendapatkan berorientasi ke medan Abhidhamma's menantang:
* The Abhidhamma dalam Praktek, oleh N.K.G. Mendis (Kandy: Masyarakat Buddhis Publikasi Publikasi Wheel 322, 1985).
* Buddha Filsafat Hubungan, oleh Ven. Ledi Sayadaw (roda publikasi Nomor 331; Kandy: Buddha Publikasi Society, 1986). Pengantar prima kepada Patthana, yang paling sulit dari buku Abhidhamma, yang menjelaskan masing-masing dari 24 hubungan bersyarat oleh yang dhammas berinteraksi.
* Manual Komprehensif dari Abhidhamma, J: Sangaha Abhidhamma dari Acariya Anuruddha, Ven. Bhikkhu Bodhi, ed. (Kandy: Publikasi Masyarakat Buddhis, 1993). Buku ini, pengobatan yang diperluas Ven. Sebuah klasik Narada's Manual dari Abhidhamma (lihat di bawah), seharusnya menjadi bacaan wajib bagi setiap siswa Abhidhamma. Hal ini memberikan gambaran yang sangat jelas dan berwawasan filsafat Abhidhamma. Bahkan jika Anda membaca tidak lebih dari Pendahuluan, usaha Anda akan dihargai dengan baik.
* Dhamma Teori, The: Filosofis Cornerstone dari Abhidhamma, oleh Y. Karunadasa (roda publikasi Nomor 412/413; Kandy: Buddha Publikasi Society, 1996). Teori Dhamma adalah prinsip fundamental di mana seluruh Abhidhamma didasarkan: bahwa semua fenomena empiris terdiri dari beberapa unsur dasar - dhammas - realitas tertinggi yang ada di balik fenomena yang nyata. Buku ini singkat menawarkan gambaran yang baik dari metode filosofis dan analisis yang digunakan dalam Abhidhamma.
* Panduan Melalui Piṭaka Abhidhamma, oleh Ven. Nyanatiloka Mahathera (Kandy: Publikasi Masyarakat Buddhis, 1983).
* Manual Abhidhamma, J: Sangaha Abhidhammattha dari Anuruddhacariya (edisi keempat), diterjemahkan dari Pali oleh Ven. Narada Maha Thera Kuala (Lumpur: Masyarakat Buddhis Misionaris, 1979). Tersedia online di BuddhaSasana. Sebuah karya klasik yang menyediakan pengenalan yang sangat baik sampai ke inti studi Abhidhamma. Sebagian besar digantikan oleh Bhikkhu Bodhi's diperluas dan lebih teliti beranotasi A Manual Komprehensif dari Abhidhamma: The Sangaha Abhidhamma dari Acariya Anuruddha (lihat di atas), tetapi berguna dalam kekompakan tersebut.
* Psikologi dan Filsafat Buddha, The: Sebuah Pengantar Abhidhamma, dengan Dr WF Jayasuriya (Kuala Lumpur: Masyarakat Buddhis Misionaris, 1988).
skip to main |
skip to sidebar
Pages
Amithofo
Jumat, 11 Juni 2010
About me
Blog Archive
Blog Archive
Followers
Acerca del sitio
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "
0 komentar:
Posting Komentar